INFO

[Selamat! “Montor Kijang” PNM Juara Satu]

[Selamat! “Montor Kijang” PNM Juara Satu]
.

Lomba cipta inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Madiun usai digelar, Kamis (24/8/2018). Puluhan inovasi menarik buah pemikiran pemuda-pemuda kota pecel mengemuka. Seperti alat monitoring kondisi jantung berbasis personal omputer (PC) guna pendeteksian dini penyakit jantung untuk kemandirian warga Madiun (Montor Kijang) yang berhasil menjadi juara pertama kategori mahasiswa dan umum dalam lomba TTG yang digelar Pemkot Madiun melalui Disnaker tersebut.

Alat pendeteksi jantung ala mahasiswa Politeknik Negeri Madiun (PNM) tersebut cukup unik. Berbahan sederhana namun memberikan manfaat yang besar. Alat ini dapat mendeteksi kinerja jantung melalui sensor elektroda. Sinyal lantas dikirim ke aplikasi dalam komputer. Grafik dan angka muncul.

“Pada umumnya, prinsip kerja alat ini sama seperti alat pendeteksi jantung yang dimiliki rumah sakit. Namun ini lebih simpel dan dapat digunakan di rumah,” kata Youlanda Fahmyantoro salah seorang penggagas.

Sensor elektroda dipasang di lengan kanan, kiri, juga kaki sebelah kanan. Tepat di atas urat nadi. Tentu agar dapat membaca detak jantung. Sinyal ini dikirim melalui alat khusus yang terhubung ke PC. Youlanda menyebut detak jantung itu direkam setiap 10 detik sebanyak tiga kali. Dilakukan tiga kali sebagai acuan perbandingan. Alat tidak hanya merekam detak jantung. Namun, dapat membaca penyakit yang mungkin menjakiti.

Sumber : http://madiuntoday.id/index.php/2018/08/24/montor-kijang-juara-satu-mesin-untir-unti-juara-dua/

.
Divisi Kominfo HMJT PNM
Contact Us :
Email : sekretariat.hmjt@pnm.ac.id
FB : @hmjt.pnm
Twitter : @hmjt_pnm
IG : hmjteknik_pnm
YT : HMJT PNM
Pin : hmjt_pnm
Web : hmjt.pnm.ac.id
WA : 082337555688

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *